selamat datang dan terimakasih telah berkunjung !

Rabu, 17 September 2014

Berpikir Kreatif


Berpikir Kreatif
          Tujuan Pembelajaran
          Mengenalkan kreativitas sebagai modal penting seorang wirausahawan
          Menjelaskan hambatan berpikir kreatif yang dapat menghambat progress sebuah usaha
          Mengenalkan cara mengukur potensi kreatif
          Mengenalkan cara meningkatkan kreativitas dan membebaskan diri dari belenggu
          Game Bermain Abjad
          Kesimpulan Yang Bisa Didapat
Tim SUKSES karena :
1.
2.
3.
Tim GAGAL karena :
1.
2.
3.
          Kreatiifitas
          Kreatifitas – suatu proses yang menghasil-kan sesuatu yang baru, apakah suatu gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru (Hurlock).
          Proses Kreatif – sebagai munculnya dalam tindakan suatu produk baru yang tumbuh dari keunikan individu di satu pihak, dan dari kejadian, orang-orang, dan keadaan hidupnya dilain pihak (Rogers)
          Penekanan Pada
  1. Aspek baru dari produk kreatif yang dihasilkan
  2. Aspek interaksi dari individu dan ling-kungannya / kebudayaannya.
          Kreatifitas – suatu proses upaya manusia atau bangsa untuk membangun dirinya dalam berbagai aspek kehidupannya. Agar kualitas kehidupan menjadi semakin baik (Alvian)
          Saya ingin sekali bisa memproduksi film pendek selanjutnya," jelas siswa yang beberapa waktu lalu menjuarai Sagamovie festival yang diselenggarakan salah satu bank swasta.
          PENTINGNYA KREATIVITAS :
  1. Dengan kreatif dapat meluncurkan produk yang belum pernah dibuat di pasar.
  2. Tidak akan jadi peniru, melainkan jadi pemim-pin pasar bahkan bisa menjadi benchmark.
  3. Akan memiliki keunggulan sebagai the first mover atau market leader.
  4. Mampu membuka atau mencari jalan keluar baru, membuka terobosan baru, dan mencipta-kan perbedaan2 yang menonjol dan disukai pasar.
  5. Hanya orang yang kreatif dapat lolos dari bencana dan kerugian.
5. Orang kreatif mampu menyatukan mozaik yang menjadi sebuah kode rahasia yang mengan-dung arti untuk membuka pintu rahasia kesulitan.
Kreativitas selalu beranjak dari sebuah ide yang muncul dari pengamatan terhadap keadaan sehari-hari di sekeliling kita.
Pada awal tahun 1980-an, seorang mantan pensiunan Pertamina Pak Tirto Oetomo, mampu membuat usaha besar air kemasan yang terkenal sekarang (Aqua)
          ORANG KREATIF
          Manusia oleh Tuhan sudah dibekali otak, dengan modal ini kita dapat berpikir, bertindak, dan menyelesaikan masalah jauh lebih baik dari mesin atau makhluk lainnya.
          Dengan otak yang sehat kita dapat berpikir kreatif, sehingga timbul gagasan2 dan terobosan2 usaha yang inovatif.
          Hasil penelitian menunjukkan pada masa kanak-kanak kita jauh lebih kreatif dibanding saat dewasa.
          Usia sekitar 5 tahun tingkat kreativitasnya bisa mencapai 96,5%. Usia 17 tahun mengalami penurunan tingkat kreativitas hingga menjadi 86%. Dan pada usia 30 tahun rata-rata kreativitas tinggal 40%.
          PEMBUKA PINTU KESULITAN
          Pada buku Bruner (Toward a Theory of Instruction), kreativitas – sebagai “kejutan yang efektif” – bisa berupa produk atau gagasan yang mengejutkan. Mungkin karena baru atau belum pernah dibuat atau belum pernah terpikirkan, unik dsb. Kondisi ini bisa membuat pasar menaruh perhatian, berpikir, atau menolak.
          Newel, Shaw, dan Simon pada penelitiannya (The Process of Creative Thingking) – membagi kreativitas dalam 3 unsur, melihat dengan sudut pandang (perspek-tif) yang baru, menemukan hubungan baru, atau mem-bentuk kombinasi baru dari objek, konsep, atau fenomena.
          Hambatan Kreativitas
          Persepsi – proses kognitif yang dipergunakan oleh individu untuk menafsirkan dan memahami dunia sekitarnya (Gibson).
          Emosi – perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.
          Imajinasi – kekuatan atau proses menghasilkan citra mental atau ide atau dayapikir untuk mem-bayangkan (di-angan2) atau menciptakan gambaran kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang
          Cultural – suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
          Expressive -  maksud mengungkapkan atau proses menyatakan (memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dsb).
          Environmental -
          Hambatan Persepsi Pada Game
  1. Membatasi penyelesaian problem dengan asumsi yang tidak perlu
  2. Stereotyping: Berpikir konvensional
  3. Terlalu banyak informasi
          Perspektif
          Perspektif
          Berpikir Kreatif
          Melihat dengan sudut pandang baru
          Menemukan hubungan baru
          Membentuk kombinasi baru
          Melihat Dengan Sudut Pandang Baru
                Sebenarnya masalah yang kita hadapi tidak berubah, tetapi yang kita ubah adalah cara kita dalam memandang masalah tersebut melalui pola pikir positip.
                Misal : memandang kegagalan sebagai sukses yang tertunda, bukan kegagalan sebagai alasan untuk frustasi berat.
   Video beer
          Pemikir Kreatif Selalu Bertanya:
Shape
                                Color
                                                Use
                                                                Material
                                                                                   Part
                                                                                                Size
          SCUMPS
          Teknik “CREATE”

  1. Membuat COMBINASI baru
  2. Menggunakan Input yang RANDOM
  3. Membuat ELIMINASI
  4. Menggunakan ALTERNATIF
  5. Mencoba Cara Pikir Terbalik
  6. Kasus Ekstrim
          Teknik Visual Thinking
          Ide yang ideal dan bermanfaat adalah pikiran yang terarah pada invensi (pengembangan gagasan), inovasi (mengubah gagasan menjadi produk), dan paten (proteksi produk). Dengan paten wirausaha bisa mencegah masuknya pendatang-pendatang baru secara ilegal dalam kurun waktu tertentu.
          Pemunculan ide sebagai jiwa kreativitas membutuhkan suatu fokus pemikiran konsentrasi. Dengan fokus dan konsentrasi kita dapat dengan mudah memilah dan memilih mana informasi dan aktivitas yang mendukung “ide kita” dan mana yang tidak.
          Misalnya kita akan merintis usaha rumah makan ikan bakar, maka hal-hal yang dapat mendukung dan tidak mendukung misi kita adalah :
          Seberapa Kreatifkah Anda ???
KUESIONER
          Tips Meningkatkan Kreativitas
  1. Tingkatkan penggunaan otak kanan anda melalui stimulus visualisasi tujuan, mempelajari seni musik, serta berolahraga jalan kaki tanpa alas
  2. Kenali hambatan kreatifitas anda, dan lakukan rencana aksi untuk mengeliminir hambatan tersebut
  3. Biasakan berpikir berbeda
          Quotation
               
Kreatifitas terdiri dari 1 persen inspirasi dan 99 persen kerja keras.”
 - Thomas Alfa Edison

Tidak ada komentar:

Posting Komentar